Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Esei berbentuk Report
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan esei berbentuk report,
narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
5.2. Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan
analytical exposition.
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.
C. Materi Pokok
Report
Social Function:
To describe the way things are, with
reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our
environment
Generic (Schematic)
Structure:
1. General Classification: tells what the
phenomenon under discussion is
2. Description : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of
parts
(and their function)
qualities
habits/behaviour
or ‘uses’ if non-natural
Significant
Lexicogrammatical Features:
Focus on Generic Participants (group of
things)
Use of simple present tense
No temporal sequence
Use of Relational Processes to state what is
and that which it is
Use of linking verbs and behavioural
verb
Use of technical term
|
Esei berbentuk Report
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar