Esei berbentuk Report

Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester               :     XI / 1
Alokasi Waktu                 :     8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran       :     Esei berbentuk Report
Pertemuan Ke                 :

A.     Standar Kompetensi
         Membaca
5.               Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
         Menulis
6.               Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
5.2.            Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition. 
6.2.            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition. 
C.     Materi Pokok
Report
Social Function:
To describe the way things are, with reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our environment
                                                 
Generic (Schematic) Structure:
 1. General Classification: tells what the phenomenon under discussion is
 2. Description : tells what the phenomenon under discussion is like in terms of
            parts (and their function)
qualities
            habits/behaviour or ‘uses’ if non-natural

Significant Lexicogrammatical Features:
 Focus on Generic Participants (group of things)
 Use of simple present tense
 No temporal sequence
 Use of Relational Processes to state what is and that which it is
Use of linking verbs and behavioural verb
Use of technical term




Tidak ada komentar:

Posting Komentar